Begitu banyak pujian diberikan kepada Jaguar XE ketika diluncurkan kembali pada tahun 2015. Mesin baru dan ringannya memberinya pengalaman berkendara yang cekatan yang mempermalukan setiap saingannya, namun hanya melihat sekilas pada grafik penjualan selama empat tahun sejak menyimpulkan bahwa bukan itu yang menjadi prioritas pembeli mobil sedan mewah. Anehnya, mungkin jika Anda mempertimbangkan kesuksesan abadi BMW Seri 3 di bagian pasar ini. Jadi, reboot XE telah mengatasi beberapa area di mana ia tertinggal di belakang Seri 3, serta Audi A4, Mercedes C-Class, dan Alfa Romeo Giulia yang baru-baru ini diluncurkan.
Ulasan Dan Spesifikasi Jaguar XE Terbaru Di 2020
Di bawahnya Anda akan menemukan layar ganda
yang terlihat di Jaguar I-Pace yang dapat beralih antara navigasi, sambungan
telepon, dan pengatur suhu sesuka Anda. Akhirnya, mesin yang jauh lebih
sederhana dan kisaran trim, yang sayangnya berarti Anda sekarang harus memiliki
mesin empat silinder. V6 telah pergi selamanya, dan kami menduga Project 8
khusus bertenaga V8 seharga £ 150k tidak akan hidup melebihi 300 mobil awalnya
yang dijalankan dalam bentuk XE sebelumnya. Jadi, semua versi terdiri dari dua
liter, dengan diesel 178bhp dan dua bensin, menawarkan 247 atau 296bhp.
Semua menggunakan transmisi otomatis delapan
kecepatan dengan pemecah pemecah gigi yang baru memanjang dan pemilih gigi yang
tepat di tengah - sementara mereka menawarkan campuran penggerak roda belakang
dan semua tergantung pada berapa banyak uang yang Anda keluarkan. Masih belum
ada versi real, yang mungkin memalukan mengingat betapa tujuannya akan
terlihat, tetapi mungkin dapat dimengerti mengingat angka penjualan XE yang
sederhana dan fokus Jaguar yang semakin meningkat pada SUV. Tapi bagaimana
tarif empat pintu reguler melawan musuh Jerman yang tampaknya tidak dapat
diatasi?
Menyetir
Dimana XE tidak pernah salah secara dinamis,
dan tetap demikian. Cara ahli teknik Jag menemukan cara menyeimbangkan
pengendaraan dan penanganan - dengan kata lain, kenyamanan dan kesenangan -
tidak tertandingi. Saya tidak yakin C-Class bisa mengendarai sebaik ini, atau
Seri 3 menunjukkan keseimbangan yang begitu bagus, namun XE berhasil
mengalahkan keduanya dengan tatanan samping dari nuansa kemudi yang sangat kuno
untuk ukuran yang baik. Apakah Anda pernah menggunakan RWD atau AWD, ini adalah
mobil teladan untuk dikendarai. Anda dapat memilih paduan terbesar dan
tercantik tanpa mempedulikan pengaruhnya terhadap perjalanan, yang merupakan
pujian yang tinggi (dan jarang).
Tidak ada lagi kotak roda gigi manual tetapi
kami benar-benar tidak keberatan; mobil ini belter, dan dengan pedal aluminium
yang lebih panjang yang menunjukkan respons yang sangat tajam, Anda benar-benar
cenderung sering menggunakan mode manual, terutama ketika delapan rasionya
ditumpuk dengan sangat cepat. Yang kurang memuaskan adalah banyaknya mesin yang
melekat padanya. Ini adalah mesin empat silinder yang mampu tetapi tidak
menarik, dan ketika bensin 296bhp di P300 terdengar luar biasa seperti diesel
pada putaran rendah, Anda mungkin juga memiliki yang lebih murah untuk membeli
dan menjalankan mesin yang secara tidak sengaja ditiru.
Untungnya, bahkan mesin yang paling bertenaga
sama sekali tidak bersuara saat Anda tidak mengemudi dengan keras, dan XE
terbukti sehalus XJ di kapal pesiar. Gearbox halus dan cerdas saat dibiarkan
membuat keputusan sendiri, juga mengasah dengan manis saat Anda memasukkannya
ke Sport (atau kendalikan sendiri sepenuhnya). Singkatnya, ini akan membuat
jalan raya yang membosankan tidak terasa sakit, tetapi memiliki sasis yang
sangat memuaskan sehingga Anda mungkin benar-benar menghindari kerja keras
70mph dan menggunakan rute yang lebih panjang dan lebih menarik.
Di Dalam
Sebuah facelift dapat memperbaiki hampir semua
hal kecuali kurangnya ruang kronis XE di belakang atau tidak adanya versi
estate. Karenanya ia tetap menjadi salah satu mobil yang kurang praktis di
kelasnya, dan dengan selisih yang cukup besar. Tetapi jika Anda secara teratur
bepergian sendiri atau dengan hanya sub enam kaki di belakang, itu seharusnya
bekerja dengan cukup baik. Dan di depan rasanya fantastis. Anda dapat mengatur
posisi mengemudi dengan baik dan rendah, sementara bahan XE yang lebih bagus
dan jahitan yang lebih mewah segera terlihat, dan teknologi baru dalam dosis
besar disambut baik.
Layar atas dan bawah yang dipinjam dari I-Pace
tampak hebat, merespons dengan baik, dan memberikan XE udara kesegaran asli di
dalamnya. Hal yang sama berlaku untuk kaca spion yang berfungsi ganda sebagai
layar, fitur yang memulai debutnya pada mk2 Range Rover Evoque. Butuh beberapa
waktu untuk membiasakan diri, tetapi menawarkan tampilan sudut lebar yang
cemerlang yang jauh lebih informatif daripada sepotong layar belakang yang
biasanya Anda dapatkan di mobil sedan. Tapi nak, apakah itu menjadi hangat saat
Anda bepergian selama beberapa jam. Mungkin itu masalah gigi awal mobil awal
yang kita kendarai. Meskipun mengingat XE yang kami jalankan di Top Gear Garage
pada tahun 2016 mengalami banyak masalah elektronik, sebuah tanda tanya
menggantung pada daya tarik jangka panjang yang menjejalkan begitu banyak teknologi
berbasis layar. Setidaknya ada faktor wow sekarang.
Memiliki
Memang, kekhawatiran besar kami tentang
memiliki salah satu dari ini, kami belum dapat benar-benar menjawabnya, tetapi
bentuk masa lalu dari produk Jaguar Land Rover pada armada Top Gear tidak
membuat harapan kami tinggi untuk keandalan elektronik. Semoga saja Jag belajar
dari kesalahan sebelumnya dan berhasil, karena segala sesuatu terlihat dan
terasa baru. Setidaknya garansi tiga tahun / jarak tempuh tidak terbatas harus
mencakup lamanya kesepakatan sewa kebanyakan orang jika ada yang terbukti
bodoh. Daya saing di kelas mobil ini - terutama dalam hal pajak dan tarif BIK -
membuat setiap mesin XE bekerja keras dalam hal menyeimbangkan output daya dan
emisi CO2.
Baca Juga : Ulasan Volkswagen Golf GTI Terlaris Di 2020
Dan begitulah perbedaan antara seberapa
menyenangkan sasis dan seberapa polos mesin tersebut, Anda sebaiknya memilih
salah satu yang membuat perhitungannya bekerja paling baik. Dengan tiga nada
masing-masing dari dua mesin yang berbeda - semuanya memiliki empat silinder -
tidak akan ada lompatan besar dalam karakter antara memilih bensin dengan
spesifikasi dasar, diesel dengan spesifikasi tinggi, atau apa pun di antaranya.
XE baru ini mendapatkan rentang trim yang disederhanakan, meskipun banyak paket
opsi melakukan scupper sedikit jika Anda mencoba mengonfigurasi sesuatu yang
lebih rendah dari rentang. Jika Anda ingin bermain-main di semua layar mewah,
Anda pasti ingin menambahkan Paket Teknologi (£ 1.820) yang mudah dibawa yang
menghadirkan kaca spion pintar, layar sentuh ganda, pengisian daya telepon
nirkabel, dan head-up display. .
Kesimpulan
Suka mengemudi? Tidak butuh ruang seluas
hektar di belakang? Tidak perlu mencari lagi, karena mobil ini - untuk
kebutuhan Anda - adalah yang terbaik di kelasnya. Bukan prestasi kecil bila
kelas tersebut penuh dengan bakat seperti BMW Seri 3 dan Alfa Giulia, namun
kemampuan Jag dalam membuat suplai tunggangan sambil menampar senyum lebar
berbatasan dengan sihir. Andai saja ada lebih banyak ruang interior dan
rangkaian mesin yang lebih banyak - beberapa silinder enam yang nyaring, pada
dasarnya - dan mungkin akan menjadi yang teratas di kelasnya tanpa peringatan
atau klausul. Tampilan yang lebih cerdas dan teknologi yang lebih keren berarti
XE yang diperbarui adalah mobil sedan kecil yang sangat meyakinkan, tetapi jika
Anda bukan ahli penanganan yang tepat, Anda mungkin tidak sepenuhnya menghargai
pesonanya ketika standar para pesaingnya juga sangat tinggi.