Harley Davidson Street 500

Harley Davidson Street 500 -  Banyak yang tidak menyangka bahwa Harley-Davidson Street 500 ini berasal dari India. Tapi tunggu dulu, bukan berarti produk H-D Street 500 ini menjadi semacam produk murahan. Street 500 merupakan hasil desain dan pengembangan Harley-Davidson yang berbasis di Amerika Serikat, namun dengan alasan menekan biaya produksi dan melahirkan motor Harley-Davidson yang lebih terjangkau, India dipilih untuk merakit Street 500. 

Harley Davidson Street 500

Pada akhir Februari lalu, PT. Mabua Harley-Davidson (MHD) mengajak para awak media untuk melakukan test ride Harley-Davidson Street 500 di Sirkuit Karting, Sentul. Pihak MHD merasa perlu untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan kepada calon konsumennya tentang Street 500 yang digadang-gadangkan sebagai motor HD dengan harga terjangkau namun tetap memiliki karakteristik nama besar dari Harley-Davidson.

Harley Davidson Street 500


Dari dimensinya (2.225x820x1.058 mm) membuat Street 500 lebih kecil ketimbang varian H-D lainnya seperti Road Glide Special, Sportster SuperLow 1200T, Dyna Low Rider, Ultra Limited Low, dan Street Glide Special. Street 500 adalah keluar-ga paling bungsu dari Harley-Davidson, dengan mene-rapkan desain konsep urban, authentic, dan soul. 

Harley-Davidson menghadirkan Street 500 yang dengan harga yang lebih terjangkau.

Melalui konsep urban, Street 500 dirancang untuk tetap nyaman dikendarai di jalanan perkotaan dengan desain posisi berkendara yang tepat walau sepintas mirip dengan posisi duduk pada varian Sportster. Dengan posisi setang yang terjangkau, posisi duduk lebih santai, kinerja suspensi juga tetap empuk saat melalui jalanan bergelombang, handlingnya yang mantap, dan bobotnya yang tidak terlalu berat turut memudahkan saat melakukan manuver. 

 

Konsep authentic menunjukan ciri khas H-D yang identik, dengan desain bentuk tangkinya yang klasik berlogo Harley-Davidson yang ikonik. Tangki tersebut mampu menampung hingga 13.1 liter bahan bakar, selanjutnya penggunaan mesin V-Twin 494 cc dengan pendingin cair dirasakan cukup responsif, apalagi didukung transmisi manual 6-percepatan dengan perpindahan gear yang halus. Yang menarik adalah klaim efisiensi bahan bakarnya yang rata-rata 17,54 kpl. Artinya, dengan kapasitas tangki penuh, Street 500 dapat menempuh jarak hingga 230 km.

Terakhir adalah konsep soul, yang membuat Street 500 dapat menjadi kanvas modifikasi bagi pecinta motor Harley-Davidson. Ya, motor ini memang dirancang mudah untuk dimodifikasi. Salah satunya, motor yang saya coba sudah mendapatkan penggantian knalpot dengan merek Screamin’Eagle. Hal ini menjadikan suara yang dihasilkannya lebih istimewa, bahkan diklaim mampu mendongkrak tenaga untuk motornya. Masih banyak lagi aksesoris yang siap di sandingkan pada Street 500, bahkan dengan menambah Rp 50 juta sudah mendapatkan ubahan model ala cafĂ© racer mulai dari bagian setang, tangki, tempat duduk, hingga knalpotnya.

Secara keseluruhan, dengan segala kemampuan yang diberikannya, H-D Street 500 memiliki potensi yang kuat untuk dipinang oleh pecinta roda dua yang ingin mulai menggunakan motor besar. Bobot ringan, kemudahan pe-ngendaraan, citra merek H-D dan harga terjangkau - Rp 219 juta (Off The Road) – dapat mewujudkan mimpi pecinta Harley-Davidson. 


Oleh Benny Suryakusumah 10 Mei 2015


LihatTutupKomentar