Senin, 26 Oktober 2020

First Drive Mazda CX-5 2015

First Drive Mazda CX-5 2015 - Pada bulan April 2015, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) meluncurkan penyegaran dua produk mereka di Tanah Air yaitu Mazda6 dan CX-5. SUV lima penumpang andalan Mazda, CX-5 mendapatkan penyegaran wajah serta evolusi fitur dan teknologi guna melengkapi kenikmatan berkendara pada Mazda CX-5.


Mazda CX-5 mendapat kosmetik dan fitur baru .

Desain eksterior mendapat revisi pada bagian grille dengan desain horizontal baru dan desain fog lamp yang juga baru. Sementara dimensi kaca spion diperkecil untuk mengurangi getaran sementara lampu depan dan belakang kini telah menggunakan teknologi LED. Selain itu, desain velg baru berukuran 19 inci dengan paduan chrome dan hitam glossy menjadikan tampilan CX-5 lebih sporty.

Mazda CX-5 interior

Beralih ke interior, perubahan tampak jelas terlihat terutama di bagian dashboard dan konsol tengah yang kini bernuansa lebih modern dan elegan. Tuas rem tangan di konsol tengah berganti dengan tombol Electric Parking Brake yang lebih praktis, cukup tarik untuk aktifkan rem dan tekan untuk melepasnya. Pada dashboard telah tersedia layar sentuh 7 inci sebagai pusat infotainment dengan sistem MZD Connect untuk mengakses berbagai sistem audio dan dukungan akses sistem navigasi. Saat laju kecepatan menengah, layar sentuh tak akan berfungsi guna menjamin keselamatan pengemudi. Sebagai gantinya kontrol utama menggunakan dial di konsol tengah untuk mengakses fitur MZD Connect.


Duduk di jok CX-5 baru terasa lebih nyaman berkat bantalan jok baru yang ditambah ketebalannya sehingga dapat menyerap getaran lebih baik. Bentuk dari sandaran jok yang pas pun terasa nyaman memeluk tubuh pengemudi maupun penumpang, apalagi kini jok penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan otomatis seperti halnya di jok pengemudi. Sayangnya, untuk kursi penumpang belakang masih seperti dulu tanpa adanya fitur reclining.

Di balik kap masih bernaung mesin 2.488 cc, 4-silinder yang menghasilkan daya 185 hp pada 5.700 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.250 rpm dengan transmisi Skyactiv Drive 6-speed yang perpindahan gear nya terasa mulus dan menyenangkan. Ketika berakselerasi di jalan bebas hambatan, rasa berkendaranya masih serupa dengan pendahulunya, dengan bobot kemudi yang terasa pas dan presisi, serta pedal akselerasi yang responsif. Yang menarik, suspensi telah direvisi dengan ubahan struktur bagian dalam damper dan mengubah bentuk lower arm bushing suspensi depan. Walaupun tak signifikan, bantingan terasa sedikit lebih bersahabat tanpa menghilangkan rasa pengendalian yang sporty.


Evolusi datang dari sektor keselamatan i-Activsense, dan salah satu fitur unggulannya adalah Smart City Brake Support atau pengereman mendadak otomatis. Saat tes simulasi, memang CX-5 baru langsung mengerem dengan sendirinya saat sensor mendeteksi jarak mobil dengan objek di depan sudah terlampau dekat dan kaki kami tidak menginjak pedal rem. Fitur lainnya adalah Lane-keep Assist System (LAS) yang akan memberi peringatan seraya mengintervensi kemudi secara otomatis saat mobil keluar lajur. Misalnya saat kami melaju kencang di jalan bebas hambatan dan keluar jalur ke kiri, kemudi akan secara otomatis berputar ke kanan. Begitu pun sebaliknya. Beberapa orang mungkin akan merasa intervensi yang dilakukan menjadikan pengendalian dinamis di jalan bebas hambatan sedikti kurang leluasa.


Lampu LED baru yang disematkan juga mendukung keselamatan dengan fitur Adaptive LED Headlamps (ALH). Glare-Free High Beam misalnya, yang akan mematikan sejumlah lampu multi-LED saat lampu besar aktif agar tidak menyilaukan mobil di depan atau yang datang berpapasan dari arah berlawanan namun Anda masih mendapatkan penerangan yang cukup.

Sejumlah fitur dan teknologi anyar pada CX-5 baru menjadi penyempurna dari apa yang sudah ditawarkan oleh pendahulunya, dan jika Anda menyukai CX-5 generasi sebelumnya, Anda akan lebih menyukai CX-5 baru dan bisa jadi semakin terbuai olehnya. Baca juga First Drive All New Mazda 2 R MT.

Lihat juga Ini Kelebihan dari Mazda6 dan CX5 Terbaru.

Rentang harga pada tahun 2015

Ex-showroom price Rp 490.400.000

Mesin

Instalasi 2,488 cc 4-silinder DOHC

Tenaga 185 hp @ 5.700 rpm

Torsi 250 Nm @ 3.250 rpm

Transmisi

Tipe Otomatis 6-Speed

Dimensi

Ground clearance 215 mm

Chassis

Ban 225/55 R19


Oleh Ardiantomi 20 Juni 2015