Jumat, 04 Desember 2015

VW Polo 1.2 TSI pesaing serius bagi hatchback Jepang


Kemunculan VW Polo 1.2 TSI membuat pasar Hatchback semakin ketat. Konsumen pun disuguhkan atas hatchback Eropa dengan harga yang lebih kompetitif. Volkswagen Indonesia pun bersiap untuk memperkenalkan Polo 1.2 TSI untuk publik Indonesia tahun ini.
Pada model sebelumnya, Polo menggunakan mesin 1.400 cc. Namun dengan mesin lebih kecil, Polo 1.2 TSI menjanjikan efisiensi lebih optimal, namun tanpa harus mengorbankan performanya, lantaran sudah dilengkapi dengan turbo.Tenaga maksimalnya mencapai 90-105 hp plus torsi antara 160-175 Nm, dengan akselerasi 0-100 km/jam sekitar 10 detik. Untuk versi Eropa tersedia transmisi manual 6 percepatan dan otomatis dengan dual clutch dengan 7 percepatan.

Dari segi tampilan,tak ada perbedaan signifikan antara varian 1.2 TSI atau yang 1.4 MPI. Masih menghadirkan sosoknya yang agresif, layaknya saudara kembar mereka yang berlaga di Wold Rally Championship (WRC). Sementara pada bagian kabin, tetap Informatif dengan nuansa warna hitam yang mendominasi. Kabarnya, semua lini sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control dan seatbelt dengan tensioner don belt force limiter.

Ketika acara berbuka bersama Volkswagen Lalu, Volkswagen Indonesia memberikan keterangan harga untuk Polo 1.2 TSI, yakni Rp 260 jutaan. Jika tak ada perubahan harga, Polo 1.2 TSI menjadi pesaing serius bagi hatchback asal Jepang seperti Honda Jazz,Toyota Yaris atau Mazda2 yang bermain di harga Rp 200 jutaan. Menarik bukan?