Rabu, 02 Desember 2015

Toyota All New Hilux Terbaru 2016


Lama hadir tanpa adanya perubahan , Toyota akhirnya merilis Pick-Up terbarunya dengan desain serba baru, All New Hilux. Pick-Up akan diluncurkan pada tahun 2016 di Indonesia. Beberapa perubahan telah dilakukan dari generasi yang sebelumnya meliputi interior, eksterior, mesin dan kenyamanannya.

Mobil ini membawa konsep desain eksterior yang baru sama sekali dan terlihat lebih mewah serta lebih padu daripada pendahulunya, ini dapat terlihat dari banyaknya aksen chrome yang digunakan.  Update terbesar dilakukan pada interiornya. Fitur kabin dirancang dengan dashboard halus yang terinspirasi oleh Toyota Corolla. Meskipun faktor kenyamanan telah diperbaiki, namun pihak Toyota menyatakan bahwa Hilux Revo ini memiliki performa yang baik dalam bermanuver di jalan raya maupun kemampuannya di arena offroad. Memang karena mobil ini ditujukan sebagai mobil komersial.

Eksterior
All New Hilux 2016 melanjutkan tradisi lama Toyota high-riding sebagai pekerja keras dan serba bisa. Pick-Up ini menawarkan tampilan luar yang sangat mengesankan, berkat jarak roda yang panjang dan overhang pendek. Tentu saja, Hilux Revo akan hadir dalam beberapa macam level, konfigurasi Double Cabin ataupun Pick-Up. Seperti sebelumnya, Hilux menawarkan roll bar chrome  pada bak belakangnya, meskipun sayangnya ini hanya untuk mempercantik tampilannya saja.

Secara keseluruhan, All New Hilux memiliki ukuran panjang 5,335 mm, lebar 1,855 mm dan tinggi 1,820 mm, sedangkan panjang jarak rodanya mencapai 3,085 mm.

Interior
Jika banyak perubahan yang dilakukan pada sektor eksterior, begitu pula yang terjadi di sektor interiornya. Di dalam kabin, dashboard terlihat sangat mirip dengan Toyota Corolla yang merupakan sedan kelas menengah. Di tengah dashboard terdapat lis alumunium untuk memadukan dengan interior yang berwarna hitam, demikian pula dengan jahitan unik pada bantal kursi. Pada sistem kemudi, terlihat banyak tombol yang disisipkan, selain itu, panel instrumen dapat dijangkau dengan mudah.

Dan yang paling menarik dari interior Hilux Revo 2016 adalah hadirnya layar multimedia yang mewah dengan tombol Teknologi Haptic sebagai kontrolnya. Di bagian atas, terdapat sebuah slot untuk CD/DVD. Sedangkan di bagian bawah layar utama adalah kontrol HVAC. Pengaturannya tergolong mudah digunakan dengan dua tombol untuk suhu dan kecepatan kipas dengan tombol sederhana untuk fungsi utama. Selanjutnya, pada LCD tampak tombol switch multifungsi. Untuk melakukan pergantian roda penggerak merupakan hal mudah karena sudah dilengkapi dengan rotary switch elektronik. Seperti sebelumnya, Hilux menawarkan penguncian belakang diferensial elektronik untuk melewati jalan yang sulit dilalui.

Performa Mesin
Di luar negeri, Toyota All New Hilux hadir dengan empat pilihan mesin, antara lain dua pilihan mesin turbo diesel dan dua pilihan mesin bensin. Sayangnya mobil ini yang dihadirkan di Indonesia masih sama seperti mesin Hilux sebelumnya yaitu mesin 2KD-FTV, 4 silinder segaris 16 katup DOHC. Daya maksimum yang mampu dihasilkan mesin yang tergolong lama ini sebesar 142 HP pada putaran 3.400 RPM dan torsi puncak 343 Nm pada putaran 1.600 hingga 2.800 RPM.

Impresi Berkendara dan Handling
Para Insinyur Toyota telah memperbarui suspensi dengan meningkatkan peredam kejut depan dan meningkatkan setup pegas daun belakang. Sehingga suspensinya mampu memberikan kemampuan yang lebih besar ketika digunakan off-road sementara ketika melewati jalan aspal kenyamanannya menjadi jauh lebih baik.

Harga
Dikutip dari situs Toyota Astra Indonesia, Hilux 2016 akan hadir dengan 3 tipe, antara lain :
2.5 E 4X4 M/T Extra Cabin, harga Rp. 377.700.000.
2.5 G 4X4 M/T Double Cabin, harga Rp. Rp. 398.900.000.
2.5 V 4X4 A/T Double Cabin, harga Rp. Rp. 435.100.000.

Spesifikasi
•    Mesin : 2KD-FTV 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
•    Tenaga : 142 HP @ 3.400 RPM.
•    Torsi : 343 Nm @ 1.600 - 2.800 RPM.
•    Konsumsi BBM : 8-10 km / L (dalam kota); 10-13 km / L (luar kota).
•    Transmisi : transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.
•    Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang per daun dengan pegas.
•    Rival : Ford Ranger, Nissan Navara, dan Mitsubishi Strada Triton.
•    Penjualan : akhir 2015-sekarang.

Kelebihan
•    Desain eksterior dan interior memukau.
•    Torsi melimpah.
•    Panel instrumen terlihat mewah.
•    Kabin lapang.
•    Fitur interior dan keselamatan lengkap.
•    Gagah dan  maskulin.

Kekurangan
•    Harga baru cukup tinggi.
•    Masih menggunakan mesin lama
•    Kerap mengalami bodyroll karena ground clearance tinggi.
•    Material dashboard.

Demikian review mengenai Toyota All New Hilux Terbaru 2016, spesifikasi serta keunggulan dan kelemahannya. Khususnya pada bagian interior, Hilux 2016 telah menerapkan fitur multimedia khas Corolla, meskipun tujuannya sebagai mobil pekerja keras, namun fitur yang hadir di dalamnya layaknya sebuah sedan.