logo blog

Kia new Rio Platinum

Kia new Rio Platinum


Setelah lama tak terdengar, akhirnya PT. Kia Mobil Indonesia kembali meluncurkan salah satu mobil andalannya. Tapi tak hanya satu, melainkan dua sekaligus dari kelas hatchback dan compact car. Memiliki fitur lebih lengkap dibanding versi sebelumnya, duo Platinum ini hadir dengan tampilan baru yang lebih sporty baik dari sisi eksterior ataupun interiornya.
Varian paling tinggi dari masing-masing mobil ini diberi nama Kia new Rio Platinum dan new Picanto Platinum. Penasaran dengan perbedaan mobil seharga Rp 242 juta untuk Rio dan Picanto seharga Rp 187 juta ini? Berikut ini perbedaan fitur yang dimiliki keduanya.

Model: New Rio Platinum,
Mesin: 4 silinder kapasitas 1.396 cc CVVT,
Tenaga: 107 HP/6.300 RPM,
Torsi: 135 Nm/4.200 RPM,
Transmisi: otomatis 4-Percepatan,
Dimensi: 4.045 x 1.720 x 1.455 mm,
Harga: Rp 242 juta.

Di bawah kemimpinan Peter Schreyer, president & chief design officer Kia Motors Corporation, tim desain Kia berhasil memberikan penyegaran pada Rio generasi keempat ini. Desain grit Tiger Nose sebagai ciri mobil Kia tetap dipertahankan, namun pada bagian gril dibuat lebih menarik. Sekilas terlihat adaunsur tiga dimensi pada bagian ini.

Desain bumper juga lebih sporty berkat dua bilah list yang ada di rumah foglamp yang sudah mengandalkan projector. Pada bagian ini juga terdapat Day time Running light (DRL) yang otomatis akan aktif begitu mesin dinyalakan.

Di bagian belakang, tampilannya juga jauh lebih sporty. Desain bumper baru, menyematkan unsur hitam di bagian tengah layaknya diffuser berukuran besar disandingkan dengan rear foglamp. Pada bagian ini juga dilengkapi empat buah sensor mundur untuk memudahkan kala parkir.

Beralih ke bagian samping, untuk mengimbangi tampilan depan dan belakang yang sudah sporty, ditambahkan side skirt yang memiliki desain cukup agresif. Tampilan roda pun berubah, kini Kia menyematkan velg ukuran 17 inci yang dibalut ban ukuran 205/45R17.
Melihat tampilan interior, juga tampak perbedaan yang mencolok utamanya saat melihat ke sektor center fascia. Kia tak lagi menggunakan head unit lokal, tapi lebih menggunakan head unit in dash yang dibalut dalam panel ber-finishing piano black.

Tapi meski head ini menyatu dengan dasbor, tapi seal fitur juga tidak kalah baik. Head unit yang didukung 4 speaker dan 2 tweeter ini mampu memutar lagu-lagu baik dari CD, radio, MP3, slot USB dan juga Bluetooth. Untuk mempermudah pengoperasian, pada lingkar kemudi jugs terdapat steering wheel audio remote.
Fitur-fitur tambahan yang belum dimiliki tipe sebelumnya juga bertambah. Sebut saja keyless entry yang memudahkan Anda ketika masuk mobil, selain itu untuk menyalakan mobil kini cukup menekan start/stop button. Agar mata pengemudi tak cepat lelah, illumination light control kini tersedia di bagian dasbor sebelah kanan.

Menemukan posisi duduk ideal bagi pengemudi kini tak lagi sulit, sebab lingkar kemudi kini telah memiliki fitur telescopic & tilt steering. Bagi Anda yang suka meminum minuman kaleng atau botol, kini bisa disimpan di laci dasbor. Sebab glove box ini sudah dialiri hawa dingin dari saluran AC.
Urusan safety juga jadi perhatian, kini new Rio Platinum sudah mendapatkan jatah dual SRS Airbags. Sementara ABS serta EBD kini sudah menjadi fitur standar. Pada kaca pengemudi, terdapat fitur safety window untuk menghindari tangan atau benda lain terjepit kaca jendela.

Sementara ruang mesin tidak ada perbedaan. Dapur pacu new Rio Platinum tetap menggunakan mesin 4 silinder kapasitas 1.396 cc DOHC CVVT yang mampu menghasilkan tenaga 107 hp pada 6.300 rpm serta torsi di angka 135 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga tersehut disalurkan melalui transmisi otomatis 4-percepatan ke roda depan.

Bagikan Artikel ini:

Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »

Dario Ferrari Photo adalah blog yang menyajikan berita portal Otomotif, terima kasih telah berkunjung dan membaca di blog ini.

Copyright © 2015. Dario Ferrari Photo - All Rights Reserved